Dalam
organisasi yang tidak kalah pentingnya adalah sebuah Pengambilan
Keputusan, hal ini dijabarkan pada bab yang kesembilan, pengambilan
keputusan merupakan suatu pendekatan yang sistematis terhadap
permasalahan yang dihadapi. Pendekatan tersebut menyangkut
pengetahuan mengenai esensi atas permasalahan yang dihadapi,
pengumpulan fakta dan data yang relevan dengan permasalahan yang
dihadapi, analisis permasalahan dengan menggunakan fakta dan data,
mencari alternative yang paling rasional dan penilaian atas keluaran
yang dicapai.
Pengmabilan
keputusan itu sendiri adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan
oleh seseorang dalam usaha memecahkan permasalahan yang sedang
dihadapi kemudian menetapkan berbagai alternatif yang dianggap
paling rasional dan sesuai dengan lingkungan organisasi.
Proses
pengambilan keputusan menurut James L. Gibson, dkk adalah sebagai
berikut.
- Penetapan tujuan spesifik serta pengukuran hasilnya.
- Identifikasi permasalahan.
- Pengambangan alternatif.
- Evaluasi alternatif.
- Seleksi alternatif.
- Implementasi keputusan.
- Pengendalian dan evaluasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar